0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karnaval Kemerdekaan, Jokowi dan Istri Naik Kereta Pancasila

Kereta Pancasila arak Jokowi di Bandung (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut serta dalam Karnaval Kemerdekaan puncak HUT RI ke-72 di Bandung, Sabtu (26/8). Jokowi dan istri Iriana Jokowi, akan menggunakan Kereta Pancasila.

Kereta Pancasila tersebut merupakan hasil karya para seniman asal Kota Bandung.

Pantauan merdeka.com Kereta Pancasila yang akan ditumpangi itu berada di sisi kanan Gedung Sate Jalan Diponegoro. Kendaraan hias tersebut berada di posisi paling depan. Baru-lah puluhan kendaraan hias lainnya terparkir di belakangnya.

Kereta yang ditumpangi pimpinan negara tersebut dominan dibungkus kain hitam. Dasar kendaraannya truk. Di depannya terdapat moncong burung garuda berwarna biru. Tertulis ‘Dirgahayu Republik Indonesia’ di bagian bawah kendaraan. Adapun kanan kiri terdapat warna-warna logo Karnaval Kemerdekaan.

Jokowi nanti bisa menyapa warga, karena kendaraan didesain terbuka. Truk dilengkapi pijakan dengan tiga tangga berbungkus kain merah.

Ada yang unik nih kendaraan yang digunakan Jokowi ini. Di sisi belakang terdapat alat-alat dapur seperti wajan, dandang atau seeng serta hasil bumi seperti petai, padi, kacang panjang, nanas, labu, semangka dan lainnya. Ornamen itu dihias secara kreatif para seniman.

Kenapa sih idenya alat-alat dapur dan hasil bumi?

Menurut Tisna Sanjaya penggagas kendaraan itu bahwa makna yang ada dalam kendaraan adalah simbol spiritualitas yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Barat.

Ada juga di dalamnya sebagai sumber kehidupan, air dapat kita pakai berwudhu, bersuci, minum, dan sebagainya. Ini menurutnya untuk menggambarkan kesejahteraan. “Jadi ini simbol kearifan lokai dan kayanya akan alam dan budaya kita,” jelas Tisna Budayawan yang merupakan dosen ITB tersebut.

Dia menerangkan, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan ditempatkan di bagian depan dari kendaraan itu. “Jika dilihat dari depan, kendaraan itu membawa hasil bumi dan Jokowi sebagai pemimpin mengantarkannya untuk rakyatnya,” kata Tisna.

Menurut Tisna, mengacu pada tema karnaval yakni, ‘menyalakan api, kerja bersama’, maka mobil hias yang ditunggangi Jokowi melambangkan semangat bekerja bareng-bareng, dan memanen hasil kerja itu secara bersama-sama.

Karnaval Kemerdekaan akan dimulai pukul 14.00 Wib. Peserta pawai akan menempuh rute kurang lebih sekitar tiga kilometer. [rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge