0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenkum HAM Jateng Luncurkan Layanan Pembuatan Paspor Keliling

Kepala Divisi Keimigrasian Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah, Ramli HS beserta staf di sela kegiatan Pameran Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Inovasi Pelayanan Publik di Stadion Manahan, Solo. (foto: Khalik)

Solo — Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah meluncurkan program layanan paspor keliling. Inovasi yang diklaim pertama kali ada di Indonesia tersebut dinilai sangat membantu masyarakat dalam kepengurusan paspor untuk ke luar negeri.

“Kami meningkatkan layanan dengan meluncurkan program layanan paspor keliling,” terang Kepala Divisi Keimigrasian Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah, Ramli HS saat ditemui wartawan disela kegiatan Pameran Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Inovasi Pelayanan Publik di Stadion Manahan, Solo, Jumat (25/8).

Dalam proses pengurusan paspor keliling tersebut, kata Ramli, masyarakat diberikan kemudahan dengan proses seperti layaknya pengurusan paspor di Kantor Imigrasi. Masyarakat yang ingin mendapatkan paspor wajib membawa persyaratan lalu melakukan cek biometrik.

Setelah itu, petugas akan melakukan verifikasi berkas persyaratan yang diajukan. Setelah semua selesai, maka yang bersangkutan akan memperoleh tanda terima dan dapat mengambil paspor di Kantor Imigrasi.

“Untuk penerbitannya tetap di kantor imigrasi, namun pelayanan pengajuan dapat dilayani di mobil paspor keliling,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang pemohon paspor keliling, Karni (38) mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan “jemput bola” tersebut. Selain cepat, dengan layanan tersebut masyarakat tidak perlu menunggu antrian lama di kantor imigrasi.

“Tentu sangat terbantu, ga perlu antri,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge