0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Minta Ganti Rugi Waduk Pidekso Rampung September

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Agar tidak timbul permasalahan dalam proses pembayaran ganti rugi tanah proyek Waduk Pidekso, Bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap semua pihak dapat duduk bersama. Bupati menargetkan September mendatang proses pembayaran ganti rugi di Kecamatan Giriwoyo tersebut sudah rampung.
“Untuk itu, dokumen pembebasan tanah memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Tujuannya agar proses pelepasan tanah tidak mengalami persoalan di kemudian hari,” ungkap Bupati Joko Sutopo, Jumat (25/8).
Dia pun menyebut, proyek strategis nasional itu segera selesai. Oleh karena itu, pihaknya mengajak Badan Pertanahan Nasional (BPN), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Bengawan Solo, dan PP untuk memberi pelayanan dalam satu meja kepada masyarakat. Meski begitu,dalam proses pelepasan hak tanah tersebut perlu kehati-hatian dan ketelitian agar tidak muncul persoalan dikemudian hari. Sampai saat ini, sekitar 70 bidang tanah telah terbayarkan. Adapun jumlah total tanah yang terdampak proyek tersebut berkisar 1.600 bidang.

“Saya ingin BPN di meja satu, BBWS di meja sebelahnya, dan PP di sebelahnya lagi. Jadi, kalau ada persoalan mengenai syarat-syarat administrasi bisa langsung diselesaikan bersama,” terangnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Waduk Pidekso BBWS, Mariska Dewi Anggraini mengatakan, pembayaran ganti rugi itu rencananya akan dilaksanakan dalam empat gelombang. Hingga saat ini, pembayaran telah berjalan dua gelombang. Pada gelombang ke tiga mendatang, akan ada 273 bidang tanah yang akan dibayarkan.

“Kesulitan yang dihadapi saat ini ada pada data administrasi karena ada banyak bidang tanah yang dibebaskan. Warga terdampak juga harus melengkapi berbagai persyaratan administrasi untuk bisa mencairkan ganti rugi.Kadang ada tanah yang sudah diwariskan ke Si A tetapi sertifikatnya masih atas nama Si B. Itu membutuhkan klarifikasi,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge