0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serang Warga, Kera Ekor Panjang Ditembak Mati

(Ilustrasi) Kera ekor panjang (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Masyarakat di Kecamatan Karanggede, Boyolali bisa bernapas lega, pasalnya kera ekor panjang yang selama ini menyerang warga berhasil ditembak mati. Kera ganas tersebut ditembak saat bersembunyi di kolong tempat tidur milik salah satu warga di Dukuh Gunungsari, Desa Karangkepoh, Karanggede.

“Ditangkap usai menyerang warga. Oleh warga dan penembak kemudian dikepung, takut menyerang, akhirnya ditembak,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Surakarta, BKSDA Jateng, Titi Sudaryanti, Jumat (25/8).

Saat ini pihaknya masih melakukan pemantaun, untuk menjaga kemungkinan muncul kera-kera yang lain. “Semoga cuma satu ini,jangan ada yang lain,” imbuhnya.

Diakui, selama ini berbagai upaya telah dilakukan untuk menangkap kera ganas tersebut. Mulai penyisiran yang dilakukan para penembak hingga umpan kera baik betina maupun jantan. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil.

Serangan kera ekor panjang ini sendiri sangat meresahkan warga Karanggede dan sekitarnya. Saat ini saja, sudah belasan warga jadi korban keganasan kera liar tersebut. Korban serangan monyet tersebut sekitar 15 orang, dari sejumlah desa di Kecamatan Karanggede. Kebanyakan warga yang diserang sedang beraktivitas di sekitar rumahnya.

“Kebanyakan luka gigitan di kaki,pantat,punggung dan tangan,tapi dari pemeriksaan tidak ada yang tertular penyakit berbahaya,” tandas Titi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge