0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Reog Ponorogo Meriahkan Karnaval Desa Katelan

Reog Ponorogo meriahkan karnaval Desa Katelan (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen – Ribuan warga Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen memadati Jalan Tangen – Gesi. Mereka mengikuti Karnaval HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang diselenggarakan desa setempat.
Iring-iringan barisan dan kendaraan dari berbagai lembaga, pendidikan dan Ormas ikut menyemarakkan yang ada di wilayah Desa Katelan berpartisipasi untuk ikut ambil bagian dalam acara tersebut.
“Ini adalah karnaval tingkat desa yang diikuti oleh 26 RT di Desa Katelan. Karnaval tahun ini mengusung tema Kerja Bersama. Lewat karnaval ini rakyat ingin mengungkapkan rasa cinta pada bangsa dan negara,” kata salah satu tokoh masyarakat Desa Katelan, Sri Wahono, Jumat (25/8).
Sebanyak 26 perwakilan tingkat RT seperti, PKK, kader Pos Yandu, PSHT, Pagar Nusa, Tapak Suci, pelajar SD – SMA yang ada di Katelan, Fatayat NU, GP Ansor, bidan desa dan karang taruna ikut berbaris melakukan kirap, memanjang hingga 1 kilometer. Karnaval tersebut juga dimeriahkan dengan kehadiran Reog Ponorogo.
“Suasana tambah meriah lantaran atraksi yang dilakukan Reog Ponorogo,” ujar Wahono.
Tidak kalah menarik, penampilan kepala desa dan para perangkat Desa Katelan yang berdandan punakawan juga mengundang perhatian warga setempat. Kades Katelan, Suparno menjadi Semar dan perangkat lainnya berperan sebagai Gareng, Petruk dan Bagong.
“Semua itu menggambarkan pamong adalah pelayan masyarakat dan abdi masyarakat, yang ingin melayani masyarakat sepenuh hati,” terang Kades Katelan, Suparno.
Sementara, Danramil-10/Tangen, Kapten Cpl Petrus Catur Setiyanto kepada Timlo.net menyampaikan, antusias warga untuk terlibat karnaval HUT RI di Desa Katelan patut dijadikan contoh desa lainnya. Terlebih semangat untuk membangun persatuan dan memupuk jiwa nasionalisme terlihat dalam karnaval tersebut.
“Masyarakat sangat antusias. Ini bisa memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa,” pungkasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge