0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

FP UNS Bantu Petani Empon-Empon Bikin Permen Herbal

FP UNS bantu petani empon-empon bikin permen herbal (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) membantu petani empon-empon di Desa Miri, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri. Empon-empon yang banyak dihasilkan oleh desa itu dibantu dimanfaatkan salah satunya diolah menjadi permen herbal.

“Kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa itu dilatarbelakangi lantaran melimpahnya empon-empon di Desa Miri,” ungkap anggota tim Iptek Bagi Masyarakat (IBM), Hanifah Ihsaniyati kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jumat (25/8).

Hanifah mengatakan, empon-empon memang  melimpah di desa itu, tetapi sebagian hanya dijual dalam bentuk segar dengan harga murah. “Untuk meningkatkan nilai produk (empon-empon) dan kesejahteraan petani di wilayah tersebut, tim IBM terpanggil untuk terlibat dalam mendampingi wanita tani di Desa Miri,” jelasnya.

Untuk itu, kata Hanifah, tim IBM  melakukan kegiatan yakni introduksi alat tepat guna mesin perajang dan pengering empon-empon menjadi simplisia. Kemudian pelatihan pengolahan empon-empon menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi yaitu permen herbal, serta pelatihan kewirausahaan, manajemen kelompok, motivasi usaha, pembukuan sederhana dan analisis usaha.

Tim IBM yang diketuai Dr Suminah, diperkuat dengan dosen dengan beragam kepakaran yaitu Arip Wijianto (penyuluhan/pemberdayaan masyarakat), Hanifah Ihsaniyati (komunikasi pembangunan dan motivator), dan Eksa Rusdiyana (sosiologi pedesaan).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge