0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemerintah Tetapkan Harga Beras, Berlaku Mulai 1 September

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mematok harga beras, melalui mekanisme Harga Eceran Tertinggi (HET). Kebijakan ini dilakukan dan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Perdagangan yang akan berlaku pada 1 September 2017.

“Mulai bulan depan,” singkat Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, saat dijumpai di Solo, Jumat (25/8).

Pemberlakuan HET ini diklaim mampu mengurangi beroperasinya kartel beras. Kebijakan ini juga dipandang mampu menjaga daya beli konsumen dan mengembangkan penggilingan padi kecil, untuk bisa mengembangkan usahanya.

“Sudah kita atur mekanismenya, sehingga tidak hanya pengusaha yang bermodal besar-besar saja yang bisa memborong semua barang,” urai Mendag.

Dikatakan, HET untuk beras premium sebesar Rp 12.800, dan untuk beras medium Rp 9.450 ini tidak akan mengganggu harga di tingkat petani. HET yang ditetapkan pemerintah ini berlaku secara zonasi.

Bagi Pulau Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, NTB, Sulawesi, HET ditetapkan beras Premium sebesar Rp 12.800, dan untuk beras medium Rp 9.450. Sedangkan untuk di luar daerah tersebut seperti Sumatera, NTT, Kalimantan, terdapat selisih Rp 500 setiap kilogramnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge