0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korupsi Tiket Fiktif, Mantan Pegawai Pertamina Ditahan

Ilustrasi Korupsi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kejaksaan Negeri Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menahan Kurniadi, mantan pegawai alih daya Depo Pertamina Pangkalbalam bidang keuangan. Kurniadi menjadi tersangka korupsi tiket pesawat fiktif yang merugikan negara hingga Rp 4,9 Miliar.

Kasi Intel Kejari Pangkal Pinang, Hendi Arifin mengatakan, selain tersangka Kurniadi, pihaknya juga sudah menetapkan tersangka lainnya yang akan diumumkan pada Selasa nanti.

“Dari hasil perhitungan sementara oleh penyidik kerugian negara yang diakibatkan oleh pembelian tiket pesawat fiktif ini sekitar Rp 4,9 Miliar. Pembelian tiket pesawat fiktif ini dilakukan sejak 2011 hingga 2016,” katanya, Kamis (24/8).

Hendi mengungkapkan, tersangka selain melakukan transaksi pembelian tiket pesawat fiktif, ternyata vendor atau travel agennya juga fiktif.

“Jadi segala aktivitas yang dilakukan tersangka untuk melancarkan kerjanya menggunakan akses user code yang diberikan oleh atasannya. Dan berdasarkan keterangan pelaku hal ini sudah berlangsung sejak Oktober 2011 sampai dengan Juni 2016,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penyidik juga sudah melakukan penyitaan barang bukti berupa satu unit rumah dan beberapa dokumen untuk menunjang proses penyidikan.

“Untuk uang hasil korupsi ini, dari keterangan tersangka tidak mengalir ke pejabat lainnya. Dia mengklaim dihabiskan sendiri dengan cara berlibur keluar negeri satu minggu sekali dan untuk foya foya,” terangnya.

Hendi mengatakan, selain dugaan penyimpangan anggaran tiket pesawat, pihaknya juga sedang mendalami dugaan penyimpangan anggaran penginapan di hotel.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge