0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak Wajib Punya KIA, Ini Fungsinya

Peresmian Pusat Pelayanan KIA Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen —┬áDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen melaunching Kartu Identitas Anak (KIA). Fungsi kartu ini sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang dewasa dan bisa digunakan untuk mengganti persyaratan terkait identitas anak saat mendaftar sekolah.
“Dengan KIA ini saat mendaftar sekolah tidak perlu menunjukkan akta kelahiran. Sudah tertera di sini (KIA) semua,” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (24/8).
Usai meresmikan KIA Center di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Sragen, Bupati Yuni menyampaikan, dengan KIA merupakan sarana untuk memenuhi hak konstitusi anak. Kartu ini berfungsi untuk mendapat pelayanan terkait masalah kependudukan.
Menurutnya, Sragen dipercaya untuk menjadi pilot projek nasional pembuatan KIA. Untuk tahap awal ini pihaknya telah menganggarkan untuk pembuatan KIA sebanyak 20.000 kartu.
Kepala Dispendukcapil Sragen, Wahyu L Wiyanto menambahkan, pendistribusian KIA ini akan dilakukan di sekolah-sekolah mulai PAUD hingga SD/sederajat dan para pemohon akta kelahiran. Sementara syarat untuk mendapat KIA ini cukup mengumpulkan foto copy akta kelahiran, KTP dan KK orang tua anak.
“Pembuatan KIA sementara ini baru bisa dilakukan di Dispendukcapil, belum sampai kecamatan, karena sarana kita masih terbatas,” terang Wahyu.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge