0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Serahkan LPj, 96 Desa Terancam Tak Dapat Dana Desa

Sosialisasi Dana Desa dan TP4D di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Sebanyak 96 desa di Kabupaten Sragen terancam tidak mendapat pencairan dana desa tahap berikutnya. Sumber Daya Manusia (SDM) disinyalir menjadi salah satu sebab tertundanya laporan terkait penggunaan dana desa.
”Dari 196 desa, baru 100 yang sudah menyelesaikan kewajibannya, kita tunggu sampai besok (Jumat, 25/8),” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (24/8).
Usai Sosialisasi Dana Desa dan TP4D di Pendopo Sumanegaran, Bupati Yuni menyampaikan, pihaknya bakal menuda pencairan dana desa. Terutama bagi desa yang belum menyerahkan LPj penggunaan dana desa. Padahal Pemkab Sragen sudah mengirimkan tiga kali surat untuk segera menyelesaikan progres laporan dana desa.
Menurutnya, masalah SDM menjadi salah satu pemicu belum dikerjakannya laporan dengan baik. Pihaknya mengimbau para kepala desa memilih SDM yang mampu dan berkualitas.
”Kualitas SDM dan kemampuan IT perlu dikedepankan,” ujarnya.
Selain itu, jika ada desa yang belum mencairkan saldo 30 persen di awal, berarti desa tersebut belum menggunakan anggaran dengan semestinya. Desa itu berada dalam pengawasan Inspektorat.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge