0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Destinasi Wisata Sejarah yang Cocok untuk Mengisi Masa Liburan Anak

Museum Bank BI (Sumber : everybodygoesblog.com)

Timlo.net – Jakarta sebagai ibu kota negara memiliki jumlah mal yang sangat banyak. Terdapat sekitar 170 mal yang sering dijadikan sebagai tempat penghilang stres dan depresi oleh masyarakat. Hal ini membuat para pengembang terus mendirikan pusat perbelanjaan di Jakarta.

Seringkali kita mengajak anak menghabiskan masa libur ke mal karena kehabisan ide liburan yang seru. Memang mal menyajikan tempat nyaman ber-AC serta makanan dan minuman yang enak. Namun tanpa disadari uang di dompet cepat sekali habis. Selain itu, sering berlibur ke mal membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif.

Sebaiknya masa libur anak dihabiskan dengan kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga edukatif. Misalnya, mengunjungi berbagai museum yang ada di Jakarta. Selain dapat mengajarkan berbagai hal ke anak, berkunjung ke museum juga seru dan menyenangkan lho! Berikut beberapa destinasi wisata edukasi di Jakarta yang menarik dan cocok untuk mengisi waktu libur anak Anda.

Museum Bank Indonesia

Museum yang menempati bekas bangunan Bank Indonesia Kota dan merupakan cagar budaya De Javasche Bank ini berdiri dengan arsitektur bergaya neo-klasik. Alamatnya berada di Jalan Pintu Besar No. 3 Jakarta Barat. Jika menggunakan Transjakarta, Anda bisa turun di Stasiun Kota.

Museum Bank Indonesia dibuka tiap hari mulai pukul 08.00 hingga 15.30 atau pukul 16.00 saat akhir pekan. Libur tiap hari Senin dan hari libur nasional. Khusus di hari Jumat, Museum Bank Indonesia akan ditutup selama salat Jumat.

Untuk tiket masuk, Anda akan dikenai biayai sebesar Rp5.000 per orang. Namun bagi pelajar, mahasiswa, serta anak di bawah umur tiga tahun tidak dikenai biaya alias gratis. Rombongan yang sudah melakukan pendaftaran sebelumnya juga digratiskan.

Hal menarik yang bisa Anda saksikan di museum ini di antaranya adalah ruang peralihan. Di ruang ini, Anda akan disuguhi permainan interaktif yang berasal dari proyektor canggih. Menampilkan hologram uang dalam bentuk tiga dimensi.

Mintalah anak Anda menangkap kepingan uang yang berjatuhan tersebut, maka akan muncul informasi berkaitan dengan uang itu. Cara belajar yang seru bukan?

Museum Layang-layang

Layang-layang erat kaitannya dengan anak-anak. Terletak di Jl. H. Kamang No. 38 Pondok Labu, Museum Layang-layang memang lumayan sulit ditemukan. Tak heran karena museum milik Ibu Endang Ernawati ini terletak di tengah permukiman penduduk. Museum ini buka tiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 dan tutup pada hari libur nasional.

Saat memasuki museum, Anda akan dikenai biaya tiket sebesar Rp10.000 per orang. Terdapat berbagai koleksi dari dalam dan luar negeri seperti Cina, Jepang, dan Korea. Selain itu, Anda juga bisa mengajak buah hati mengikuti workshop membuat keramik yang bisa diambil setelah 2 minggu.

Museum Tekstil Jakarta

Museum yang diresmikan oleh Ibu Tin Soeharto pada 28 Juni 1976 ini beralamat di Jalan Aipda K. S. Tubun No. 2-4, Tanah Abang, Petamburan. Ada banyak hal yang bisa Anda saksikan dan ajarkan kepada anak berkaitan dengan tekstil. Libur tiap hari Senin dan hari libur nasional.

Museum Tekstil Jakarta di buka hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-15.00. Harga tiketnya bervariasi, mulai dari Rp2.000 untuk siswa sekolah dan Rp5.000 untuk orang dewasa.

Agar liburan bersama anak semakin lancar dan menyenangkan, menyiapkan akomodasi jauh-jauh hari adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk menemukan hotel di Jakarta yang harganya terjangkau, cukup mencarinya di berbagai website atau aplikasi penyedia layanan hotel, salah satunya Airy Rooms.

Airy Rooms memiliki jaringan hotel terbesar yang murah namun tetap memberikan tujuh jaminan kualitas di tiap kamar, mulai dari kamar yang nyaman dengan AC &tempat tidur yang bersih, kamar mandi dengan shower air hangat dan perlengkapan mandinya, TV layar datar, air minum, hingga jaringan WiFi gratis.

Selain hotel, kini Airy juga telah menjual tiket pesawat dengan harga yang kompetitif. Pembayarannya pun fleksibel, Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, juga di gerai Indomaret.

Jangan sampai kelewatan diskonnya juga, Anda bisa pakai kupon untuk dapat diskon 30%, gunakan kode kupon di bawah ini saat pemesanan :

KODE KUPON : AHM30

Periode bookingnya sampai 30 September 2017, dan periode menginapnya kapan saja. Jangan sampai kelewatan ya!
Siap berwisata edukatif bersama anak-anak? Ayo berkunjung ke Museum! (*/Advertorial)

Editor : Enggar Aswin Pramastyo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge