0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nyai Ahmad Dahlan, Pahlawan Perempuan yang Jarang Terungkap

Produser Film Widyastuti sedang berbincang bincang dengan wartawan (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Sebanyak 250 civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) nonton bareng film perdana berjudul Nyai Ahmad Dahlan. Nonton bareng ini berlangsung di bioskop Solo Square, Kamis (24/8).

“Film ini mengisahkan Nyai Ahmad Dahlan atau yang nama aslinya Siti Walidah yakni pendiri organisasi Aisyiyah,” ungkap Produser Film Nyai Ahmad Dahlan, Widyastuti kepada wartawan, Solo Square.

Widyastuti mengatakan, Siti Walidah isteri pendiri organisasi Muhammadiyah merupakan sosok pahlawan perempuan yang jarang disebutkan dalam sejarah di negeri ini. Padahal peranannya sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Apalagi Nyai Ahmad Dahlan ini merupakan sosok perempuan yang sudah lebih maju pada jamannya. Di saat perempuan waktu itu belum bisa membaca, Nyai Ahmad Dahlan sudah mengajarkan baca tulis di rumahnya,” lanjutnya.

Oleh karena itu, film ini dibuat untuk mempertunjukkan perjuangan seorang perempuan yang tetap berjuang untuk mencerdaskan lingkungan di sekitarnya. Untuk riset pada film ini sendiri membutuhkan waktu cukup panjang.

“Semua proses penggarapan filmnya kami lakukan di Yogjakarta,” jelasnya.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais menambahkan, film kisah Nyai Ahmad Dahlan merupakan film yang bagus dan patut untuk disaksikan. Tetapi warga UMS sendiri, memang tidak diwajibkan untuk menyaksikan film ini, sejauh ini sifatnya hanya himbauan saja.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge