0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Pentingnya Pelatihan HART

Simulasi HART di Bukit Sekipan (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Meningkatkan kemampuan anggotanya, Komunitas Relawan Independen (KRI) mengadakan pelatihan dan pembekalan kemampuan personel. Kali ini, materinya High Angle Rescue Technique (HART).

“kegiatan ini rutin tahunan supaya anggota KRI siap dan sigap menghadapi bencana. Terutama di kabupaten Karanganyar dan tidak menutup kemungkinan di wilayah lain. Seorang relawan bukan hanya harus kuat secara fisik saja, namun kemampuan dan skill diperlukan,” katanya kepada Timlo.net, Kamis (24/8).

Dalam pelatihan pada pekan lalu, 20 peserta dari KRI dibimbing oleh mentor SAR Karanganyar dan Basarnas Surakarta di Bukit Sekipan, Tawangmangu. Kemampuan sukarelawan bencana di berbagai medan merupakan kebutuhan vital menolong korban. High Angle Rescue Tecnique (HART) menjadi salah satu kemampuan yang wajib dikuasai.

Teknik tersebut lebih pada keahlian membuat tali temali yang diaplikasi ke medan turunan dan tanjakan vertikal. Kemampuan menolong korban di medan tersebut sangat dibutuhkan di Kabupaten Karanganyar yang sering dihantam longsor wilayah perbukitan. Dalam hal ini, peserta harus bisa menguasai teknik itu secara mandiri maupun berkelompok.

Komandan KRI Karanganyar, Tarwanto mengapresiasi kesediaan para sukarelawan senior membagi ilmunya ke rekan-rekan yang baru saja bergabung.

“Kegiatan pelatihan kemarin berlangsung selama dua hari dengan materi ruang dan langsung praktik. Selain materi kelas dan praktek peserta pelatihan diwajibkan untuk bisa membuat sistem ancor untuk kebutuhan simulasi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge