0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Memberdayakan Masyarakat Lewat Produk Olahraga Lokal

Kemenpora memberikan Pendidikan dan Pelatihan SDM Tenaga Teknis Produk Barang Industri Olahraga 2017 di Lor In Hotel, Kamis-Jumat (24-25/8) (timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), kembali memperhatikan potensi masyarakat Indonesia melalui produk kerajinan olahraga daerah. Salah satunya dengan memberikan Pendidikan dan Pelatihan SDM Tenaga Teknis Produk Barang Industri Olahraga 2017 di Kota Solo.

“Di Solo sudah kedua kalinya ini, tahun lalu juga kami berikan pelatihan untuk olahraga panahan. Untuk peserta kami targetkan 80 orang dari Solo raya atau daerah lainnya. Biar peserta didik bisa memproduksi busur panah, inovasi pemuda mandiri Jateng,” ungkap Kabid Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora, Gajah Nata Surya, Kamis (24/8).

Seperti halnya tahun 2016 lalu, pelatihan oleh Kemenpora kali ini kembali fokus pada produk barang olahraga cabang panahan. Praktis para pelaku usaha terutama penyedia produk olahraga cabang panahan, kembali mendapat pelatihan dari pemerintah. Sebanyak 60 lebih peserta berkumpul di Lor In Hotel, Kamis-Jumat (24-25/8).

“Namun untuk tahun ini pemerintah belum bisa melakukan pendampingan. Kedepannya tidak hanya dilatih saja. Namun juga ikut memberikan modal. Sebagai pendampingan, ada dana stimulus Rp 25 juta per orang, namun itu baru usulan di 2018,” imbuhnya.

Pihaknya menyebut bahwa potensi produsen alat olahraga di Indonesia perlu diperhatikan oleh Pemerintah, mengingat kualitasnya tak kalah dari produk luar negeri. Pemerintah melalui Kemenpora berupaya memberikan pendampingan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dari bidang olahraga.

“Sebenarnya, produk olahraga Indonesia tidak kalah bersaing dengan buatan luar negeri. Di bidang jasa pun bisa melalui even-even olahraga. Termasuk menunjang turisme mengingat kekayaan alam yang luar biasa, seperti kejuaraan triatlon atau agenda balap sepeda tour de Singkarak,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Solo, Joni Hari Sumantri mendukung penuh langkah tersebut sebagai komitmen nyata dari pemerintah melalui Kemenpora.

“Olahraga memang harus didukung oleh pelaku baik itu atlet maupun produsen olahraga, ini sebuah terobosan positif untuk olahraga. Maka dari itu perlu terus dikembangkan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge