0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan Sampai Kades Tersandung Hukum Gara-Gara Dana Desa

sosialisasi pengelolaan dana desa (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) memberikan penyuluhan hukum dan sosialisasi Dana Desa kepada 150 kepala desa di Pendopo Kantor Setda, Kamis (24/8). Diharapkan dengan program ini, tidak ada kepala desa yang tersandung hukum akibat kesalahan pengelolaan dana desa.

“Kegiatan ini merupakan program nasional, dilaksanakan di seluruh Kejari yang ada di Indonesia guna memberikan pemahaman pada kepala desa. Agar terhindar dari jeratan hukum dan diharapkan dapat menjadi sarana informasi dan pengetahuan tentang pengelolaan dana desa,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Sukoharjo, Bambang Marwoto, Kamis (24/8).

Materi sosialisasi seputar pengalokasian dana desa yang diperbolehkan dan tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang ada. Selain itu juga penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sebagai laporan pertanggungjawaban sebagai dasar untuk pencairan dana desa termin berikutnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya berpesan agar tidak ada dana desa yang disalahgunakan ataupun dikorupsi sedikitpun. Karena selain pengawasan terhadap dana desa cukup ketat, anggaran dari Pemerintah Pusat ini diperuntukkan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Saya selakau kepala daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap tidak ada penyalahgunaan atau korupsi dana desa di Kabupaten Sukoharjo. Dan kepada seluruh kepala desa saya harapkan mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh dan dapat menggunakan dana desa sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tandas Wardoyo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge