0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Memotret Untuk Diunggah di Sosial Media Perbaiki Ingatan?

Memotret. (dok: timlo.net/ dailymail.co.uk)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Psychological Science mengungkapkan jika memotret untuk diunggah di sosial media bisa meningkatkan memori akan apa yang Anda lihat selama sebuah event. Para peneliti menemukan jika mereka yang memotret selama kunjungan ke sebuah museum, memiliki ingatan 7 persen lebih baik dibandingkan mereka yang hanya melihat. Bahkan sekalipun mereka tidak lagi melihat foto-foto yang mereka potret, ingatan mereka masih tetap lebih baik. Hal ini bisa berguna jika Anda menghadiri kegiatan terkait pekerjaan atau pendidikan.

Penelitian itu melibatkan 294 peserta. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok. Satu kelompok diberikan kesempatan untuk memotret 10 kali saat mengunjungi sebuah museum. Satu kelompok hanya boleh melihat-lihat. Kedua kelompok juga diminta mendengar sebuah panduan audio sembari melihat-lihat.  Kelompok yang mengambil foto memang memiliki ingatan visual yang lebih baik. Tapi kemampuan mereka mengingat apa yang mereka dengar menurun.

“Penemuan ini menyatakan jika memiliki kamera mengubah bagaimana orang mendekati sebuah pengalaman dalam sebuah cara yang fundamental. Bahkan saat orang tidak memotret sebuah obyek khusus, seperti sebuah patung, tapi memiliki sebuah kamera dan berniat mengambil foto, mereka ingat akan patung itu lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memiliki kamera,” tulis para peneliti dilansir oleh Daily Mail.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge