0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawal Dana Desa, Ini Fokus Kejari Klaten

Sosialisasi penggunaan dana desa oleh Kejari Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten bakal terus memantau penggunaan Dana Desa di wilayah Klaten. Pemantauan bersifat pendampingan itu sebagai upaya preventif menghindari penyelewengan.

“Fokus pendampingan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penyusunan pertanggungjawaban. Apalagi jumlahnya cukup besar, sehingga perlu ada pendampingan agar tidak terjadi pelanggaran,” kata Kepala Kejari Klaten, Zuhandi, Kamis (24/8).

Dalam rangka mengawal dan mengamankan implementasi dana desa, pihaknya menggelar “Sosialiasi Dana Desa dan Tim Pengawal dan pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan RI” di Balai Desa Ponggok hari ini.

Zuhandi mengatakan, sosialisasi ini untuk menyeimbangkan antara tingginya Dana Desa dengan tata kelola keuangan desa. Ia menyebut ada tiga hal penting dalam menjalankan fungsi pengawalan.

“Pertama, ketika melakukan pengawalan tinggalkan identitas seragam kita. Kedua, jangan bermain-main dengan wilayah pengawalan ini dan laporkan jika melihat ada sesuatu yang tidak semestinya. Terakhir, jangan memberikan pernyataan yang menekan kepala desa karena kita harus bersama-sama mencari solusi dari masalah tersebut. Kami perlu dukungan dan partisipasi sekalian untuk membangun desa,” pesan Kepala Kejari Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge