0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Poktan Diberi Hibah Alsintan dan Modal Usaha

Demo alat perontok multiguna di hadapan poktan penerimanya (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) diterima lima kelompok tani (poktan). Selain itu, hibah keuangan terkucur ke tujuh poktan lainnya.

“Bantuan APBD maupun APBN ke petani diterima utuh. Tanpa potongan. Segera saja dicairkan sesuai RAB,” kata Wabup Karanganyar Rohadi Widodo di hadapan poktan penerima bantuan, Selasa (22/8).

Bantuan alsintan berupa power threser atau alat perontok multiguna bersumber APBN. Sedangkan bantuan keuangan bersumber APBD 2017 dari pengajuan aspirasi. Bankeu ini tertuju tujuh poktan dengan nominal bervariasi mulai Rp 10 Juta sampai Rp 75 Juta. Totalnya Rp 295 Juta.

Poktan Marsudi Tani Desa Karangbangun Matesih berencana membuat rumah kompos dari bantuan itu, sedangkan Poktan Sumber Makmur Desa Ngadiluwih, Matesih akan membudidaya jamur.

Di lokadi simbolis penyerahan bantuan paska panen, alsintan itu diberikan ke lima kelompok tani, yakni dua dari Jumapolo dan tiga lainnya dari Jenawi, Jatipuro dan Mojogedang. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar menganggap lima poktan tersebut layak mendapatkan hibah alat perontok multiguna atau power threser.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge