0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilgub Jabar: PAN, Demokrat dan PAN Bikin Poros Baru

Mural Pilgub Jabar (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Nampaknya bakal ada pendatang baru di Pilgub Jawa Barat tahun 2018 nanti. Calon ini akan dilahirkan oleh PPP, Demokrat dan PAN untuk menantang calon yang sudah ada yakni Dedi Mulyadi, Deddy Mizwar serta Ridwan Kamil.

PPP, Demokrat dan PAN berencana bersatu untuk melahirkan poros baru di Pilgub Jabar 2018. Ketiga partai ini bahkan sudah melakukan pertemuan internal pada 21 Agustus lalu guna membahas penjajakan koalisi.

“Kami membangun kesepahaman dulu, untuk Pilkada Jabar, agar Jawa Barat lebih baik lagi, jadi bangun kesepahaman. Pertemuan ini dilakukan dalam perjalanan menuju koalisi. Kita bangun kesepahaman dulu setelah itu kita akan menjalani proses koalisi,” kata Ketua DPW PPP Jawa Barat, Ade Munawaroh saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (23/8).

Ade mengatakan, ketiga partai ini sudah hampir pasti sepakat mengusung calon di luar Dedi Mulyadi, Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil. Sayang, poros baru ini belum mau mengungkap, siapa yang akan diusung sebagai Cagub dan Cawagub nantinya.

Menurut Ade, persoalan nama akan dibahas dipertemuan selanjutnya. Dia mengakui, baik PPP, Demokrat dan PAN tentu saja menyodorkan nama-nama. Tapi, koalisi ini akan berhitung, siapa yang paling pas dan tepat untuk diajukan nantinya.

“Semua nama yang jadi bintang survei kita pertimbangkan,” kata Ade.

Penjajakan koalisi poros baru ini dihadiri oleh Ade, Ketua DPD Demokrat Jabar, Iwan Sulandjana dan Plt Ketua DPD PAN Jabar Hasbullah Rahmat.

Dalam peta pertarungan Pilgub Jabar, memang sudah mulai terlihat, siapa saja yang merapat dan yang sudah mendapatkan tiket. Syaratnya, dukungan minimal 20 kursi di DPRD Jabar untuk bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur.

Untuk sementara ini, Dedi Mulyadi diusung Golkar dan PDIP. Total Dedi mengantongi 37 kursi. Pasangan Deddy Mizwar didukung Gerindra dan PKS. Total 23 kursi DPRD Jabar.

Ridwan Kamil belum memiliki tiket. Sebab, baru dideklarasikan oleh NasDem yang hanya memiliki 5 kursi saja. Namun Ridwan mengklaim, sudah mendapatkan dukungan dari PKB dan PPP.

Sementara poros baru PPP, PAN dan Demokrat yang tengah penjajakan ini, sudah memenuhi syarat. Meskipun, belum ada calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung. Total kursi poros ini yakni 25.

“Mudah-mudahan PKB dan Hanura menyusul,” kata Ade. [rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge