0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Berlimpah, Harga Garam Berangsur Turun

Buruh panggul di Pasar Legi Solo saat menurunkan garam dari truk (foto: Setyo)

Solo – Sejak beberapa pekan terakhir harga komoditas garam bata beryodium dari berbagai merk mulai berangsur turun. Selain karena pembukaan kran impor pemerintah, turunnya harga tersebut karena hasil produksi petani yang dianggap sudah mulai kembali normal.

“Dua pekan ini harga turun drastis. Jika sebelumnya harga garam bata merk Ndangdut menyentuh diangka Rp 32 ribu per paks, sekarng harganya turun diangka Rp 25 ribu per paks,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Legi Solo, Widati kepada wartawan, Selasa (22/8).

Hal yang sama juga terjadi pada garam merek lain. Untuk garam bata beryodium merk Abang Gendut dari sebelumnya Rp 28 ribu per paks sekarang turun diangka Rp 26 ribu per paks. Sementara untuk garam halus dari sebelumnya Rp 35 ribu per paks sekarang menjadi Rp 30 ribu per paks.

“Pasokan sekarang juga lebih gampang. Sehingga wajar kalau mulai berangsur turun,” jelasnya.

Pedagang lainnya, Bambang mengaku optimis jika melihat kondisi sekarang ini harga garam bisa berangsur turun. Pasalnya, selain adanya kebijakan pemerintah tentang pembukaan kran impor juga cuaca yang ada dianggap cukup mendukung para petani.

“Kalau stoknya berlimpah pastinya harga bisa turun kembali,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge