0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tunjangan Dewan Naik 5 Kali Lipat, Ketua: Jangan Terlalu Euforia

Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo — Kenaikan tunjangan Dewan hingga lima kali lipat diharapkan tidak membuat larut mereka yang menjadi wakil rakyat. Mengingat, ketentuan kenaikan tunjangan Dewan tersebut telah diatur sesuai PP No 18 tahun 2017 tentang kenaikan tunjangan anggota serta pimpinan DPRD se-Indonesia.

“Jangan terlalu euforia. Semua telah diatur oleh pemerintah. Lebih baik tingkatkan kinerja untuk masyarakat,” terang Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa, Selasa (22/8) siang.

Teguh juga meminta anggota DPRD Solo tidak membandingkan tunjangan yang diterimanya dengan wilayah lain. Tidak menutup kemungkinan tunjangan daerah lain lebih tinggi dari tunjangan anggota Dewan di Solo.

Seperti diketahui, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budi Yulistianto mengatakan, Kemampuan Keuangan Daerah (KKD) Kota Solo masuk kategori sedang. KKD Kota Solo dalam perhitungannya masuknya 500 dan KKD dibawah 550 masuk dalam kategori sedang. Namun demikian, tahun 2018 mendatang kemungkinan akan diturunkan kriteria baru dimana kategori tinggi yaitu masuk perhitungan 400 ke atas.

“Solo KKD-nya saat ini 500, maka masuk kategori sedang. Baru kemungkinan tahun 2018 mendatang masuknya kategori tinggi. Dan terkait kenaikan tunjangan Anggota DPRD, kami sudah konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebenarnya angkanya sama, hanya komponen pengalinya saja yang berbeda. Kalau sedang komponenya dikali lima dan kategori tinggi komponenya dikali tujuh,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge