0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rusak dan Hilang, Diusulkan Pengadaan Tong Sampah

Warga berkerumun di Jalan Lawu melihat Karnaval Jalan Kaki (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Masyarakat diminta stop membuang sampah sembarangan, khususnya pada event melibatkan massa. Selanjutnya, Pemkab Karanganyar akan membenahi infrastruktur pengelolaan sampah di ruas jalan protokol.

“Kita ajukan pengadaan tong sampah di sepanjang jalan protokol. Tempat sampah milik Pemkab di ruas jalan banyak yang rusak dan hilang,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Peningkatan Kapasitas dan Kehutanan (PSL-PKK) Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan, Heru Purwoto kepada Timlo.net, Senin (21/8).

Pengadaan tong sampah itu akan diusulkan di pembahasan anggaran perubahan APBD 2017. Ia menyayangkan sejumlah aset berupa tong sampah di titik strategis rusak dan hilang. Hal itu merusak tatanan pengelolaan limbah, utamanya saat even massal yang berimbas pada aktivitas makan dan minum. Bungkusnya berserakan di jalan karena minim tempat sampah.

“Sehari normalnya 24 meter kubik. Itu hanya di perkotaan saja. Kalau kemarin (karnaval), sampah domestik dua kali lebih banyak. Sampahnya seperti bungkus makanan dan minuman,” katanya.

Pada penyelenggaraan karnaval HUT ke-100 kabupaten pada November mendatang, ia berharap penonton lebih bijak mengelola sampah. Di sepanjang rute karnaval akan dipasang tong sampah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge