0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sampah Domestik Naik Dua Kali Lipat

Warga berkerumun di Jalan Lawu melihat Karnaval Jalan Kaki (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pembersihan sampah di sepanjang rute Karnaval Jalan Kaki 2017 Kabupaten Karanganyar membutuhkan armada dan durasi kerja ekstra. Sebab, volume sampah yang dihasilkan dua kali lipat lebih banyak dibanding biasanya.

“Sehari normalnya 24 meter kubik. Itu hanya di perkotaan saja. Kalau kemarin (karnaval), sampah domestik dua kali lebih banyak. Sampahnya seperti bungkus makanan dan minuman,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Peningkatan Kapasitas dan Kehutanan (PSL-PKK) Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan, Heru Purwoto kepada Timlo.net, Senin (21/8).

Kondisi paling parah luapan sampah di Taman Pancasila, sepanjang ruas Jalan Lawu mulai batas kota sampai Siwaluh serta alun-alun kota. Itu merupakan rute yang dilewati Karnaval Jalan Kaki dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Minggu (20/8). Puluhan THL dari dinasnya di bidang pengelolaan sampah bekerja lembur hingga Senin pagi tadi untuk memungut sampah beraerakan di aspal maupun di sekolan. Ia menyayangkan masih banyak masyarakat enggan peduli dengan kebersihan saluran air.

“Kalau melihat penyelenggaraan tahun lalu, sampah kali ini lebih banyak. Mungkin karena seluruh penampil tertampung semua di karnaval. Apalagi, karnaval dibagi dua sesi. Pagi dan sore. Masing-masing sesi itu menyumbang sampah cukup banyak,” katanya.

Ihwal volume sampah yang membeludak, ia sudah memprediksinya. Tahun ini, kondisi serupa bakal tampak pada karnaval pembangunan menyambut hut ke-100 Kabupaten Karanganyar pada November mendatang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge