0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ilmuwan Gunakan Robot Untuk Sembuhkan Maag

Micro motor. (dok: timlo.net/sciencealert.com)

Timlo.net—Robot kecil mungkin akan digunakan untuk membawa obat pada tubuh manusia. Para peneliti berhasil menggunakan robot kecil untuk mengobati tikus yang sakit. Peneliti dari the University of California, San Diego, Amerika Serikat (AS) menggunakan robot setebal rambut yang disebut micromotor untuk membawa antibiotik ke dalam perut tikus yang terinfeksi bakteri. Pengobatan dikatakan lebih berhasil dibandingkan dengan tikus yang hanya diberi obat.

Hal ini karena asam lambung bisa membuat antibiotik tidak efektif. Beberapa penderita maag biasanya mengkonsumsi obat yang disebut proton pump inhibitor untuk mengurangi asam lambung. Tapi obat ini memiliki efek samping seperti diare dan bahkan depresi.

Tapi micromotor menggunakan asam lambung sebagai bahan bakar. Inti magnesium mereka bereaksi dengan asam lambu sehingga menghasilkan gelembung-gelembung yang mendorong robot itu. Pada akhirnya hal ini mengurangi asam lambung.

“Gerakan itu sendiri memperbaiki retensi antibiotik pada lapisan perut di mana bakteri berkumpul,” ujar peneliti Joseph Wang kepada New Scientist.

Setelah 24 jam, tingkat asam lambung kembali normal dan melarutkan micromotor. Percobaaan kepada manusia memang akan dilakukan. Tapi para peneliti masih perlu mencobanya pada binatang yang lebih besar. “Jalannya masih panjang, tapi kami dalam perjalanan yang fantastis,” kata Joseph.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge