0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendagri Minta Surat Kuasa Pakubuwono XIII

Mendagri Tjahjo Kumolo membuka pertemuan di Keraton Surakarta, Senin (21/8) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menghadiri pertemuan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Senin (21/8). Pada pertemuan tersebut, SISKS Pakubuwono (PB) XIII Hangabehi sedianya memberikan surat kuasa pengelolaan keraton kepada pemerintah.

“Kita inginnya cepat karena kaitannya dengan anggaran. Ini sudah Agustus, lho,” kata Tjahjo Kumolo.

Pertemuan kali ini merupakan kelanjutan dari sejumlah pertemuan yang sudah digelar sebelumnya. Pemerintah dan Keraton sepakat untuk bersama-sama membentuk Unit Pengelola Teknis (UPT). UPT tersebut nantinya terdiri dari beberapa komponen di antaranya Kemendagri, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, dan Keraton. Namun hingga saat ini, pihak keraton belum selesai membentuk bebadan (kepengurusan) internal.

“Mendagri akan meminta surat kuasa dari Sinuhun agar pengelolaan Keraton Surakarta diserahkan kepada Pemerintah,” kata Asisten Administrasi Umum Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana.

Eny berharap pertemuan tersebut berjalan lancar mengingat waktu yang kian menipis. Pemkot sendiri sudah mengalokasikan dana Rp 400 Juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pengelolaan Keraton. Dana tersebut tidak bisa disalurkan sebelum UPT terbentuk.

“Dari Provinisi juga menganggarkan tapi saya tidak hafal berapa nilainya,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge