0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tidak Mau Bangun Toilet, Pria Ini Diceraikan Istrinya

Para wanita tua di India membawa dudukan toilet di International Toilet Festival. (dok: timlo.net/ Metro.co.uk)

Timlo.net—Seorang wanita dikabulkan keinginannya untuk menceraikan sang suami oleh pengadilan di India. Alasan perceraian mereka adalah karena sang suami menolak membangun toilet di rumah mereka.

Selama lima tahun menikah, wanita berusia 20 tahunan itu terpaksa buang air di lapangan di dekat rumah mereka di Rajasthan, India. Wanita itu melayangkan gugatan cerai pada 2015. Tapi gugatan ini melewati proses panjang di pengadilan. Hal ini karena perceraian di negara itu hanya diizinkan untuk situasi tertentu seperti kekejaman atau kekerasan rumah tangga.

Tapi hakim di pengadilan di Rajasthan berkata memaksa seseorang buang air besar di luar ruangan adalah sebuah bentuk siksaan. Pengadilan itu mendengar jika para wanita di area itu biasanya terpaksa menunggu hingga gelap supaya mereka bisa pergi ke lapangan untuk buang air.

“Kita menghabiskan uang untuk membeli tembakau, minuman keras dan ponsel tapi tidak bersedia membangun toilet untuk melindungi kehormatan keluarga kita,” ujar sang hakim dilansir oleh Times of India.

“Di desa-desa, para wanita harus menunggu hingga matahari tenggelam untuk menjawab panggilan alam. Hal ini bukan hanya kekejaman fisik, tapi juga menghina kesopanan seorang wanita,” tambahnya.

Walaupun fenomena buang air di luar ruangan di daerah pinggiran di India adalah hal biasa, hal ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak aman dan nyaman untuk para wanita.

Pemerintah India berjanji untuk menyediakan setiap rumah tangga dengan sebuah toilet pada tahun 2019. Tapi ada beberapa perlawanan di daerah-daerah pinggiran. Bahkan di tempat-tempat di mana toilet telah dibangun, banyak warga yang tidak mau menggunakannya.

Tahun lalu, Unicef memperkirakan jika setengah populasi di India tidak menggunakan toilet. Data ini menekankan kesenjangan yang tinggi antara daerah-daerah pinggiran dengan perkotaan yang sangat berkembang dan maju secara teknologi.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge