0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bupati: PNS Harus Jadi Pelopor Anti Pungli

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Agar tidak terlibat kasus pungutan liar (Pungli), setiap individu, pegawai maupun secara kelembagaan atau OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Wonogiri dituntut untuk selalu melakukan evaluasi secara umum. Bahkan secara langsung Bupati Wonogiri Joko Sutopo meminta agar semua PNS untuk menjadi pelopor dalam Gerakan Anti Pungli.

“Adanya Saber Pungli harus kita maknai sebagai salah satu semangat bersama agar pelayanan lebih baik dan pemerintahan yang transparan,” jelas Bupati Joko Sutopo kepada wartawan usai membuka Sosialiassi Penanaman Budaya Anti Pungli Bagi PNS Pemkab Wonogiri, di kantor Setda setempat, Senin (21/8).

Menurut Bupati Joko, dengan sosialisasi budaya anti Pungli bagi para PNS ini meneguhkan komitmen pemerintah dalam gerakan anti Pungli. Selain perlu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, setiap PNS melalui para Kepala OPD di lingkungkan Pemkab Wonogiri harus sinergi dengan pihak-pihak terkait lainnya.

“Yang terlibat Pungli, baik yang memberi maupun oknum yang menerima sama-sama dilarang, jajaran PNS Wonogiri jangan sekali-kali melakukan tindakan tidak terpuji itu. Kita harus introspeksi dan sadar bahwa kita selalu diawasi masyarakat maupun penegak hukum lainnya,” tegasnya.

Ketua Tim Saber Pungli Wonogiri,Kompol Wawan Purwanto menyebut, selama Tim Saber Pungli dibentuk, telah melakukan sejumlah investigasi yang berujung pada tindakan respresif. Bahkan saat ini dirinya pun telah memberikan rekomendasi agar Pemkab memelototi dengan serius obyek yang kini menjadi lahan subur Pungli. Meski begitu, Wakapolres Wonogiri ini enggan menyebut obyek apa saja yang dituding menjadi ladang subur Pungli.

“Soal lain, ada yang saat ini sudah diambil alih kewenangannya, karena indikasinya sudah mengarah pada korupsi. Maka saat ini yang menangani unit Tipikor,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge