0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPP Minta Malaysia Beri Sanksi kepada Panitia SEA Games

Aksi peretasan yang dialami situs diduga milik Malaysia (merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah Malaysia didesak untuk memberikan sanksi kepada panitia SEA Games atas insiden terbaliknya bendera Indonesia. Sebab kasus ini dinilai tidak pantas dan membuat perasaan tidak nyaman bagi Indonesia.

“Pemerintah Malaysia juga harus memberi sanksi yang tegas kepada pihak penyelenggara yang lalai mengakibatkan ketidaknyamanan yang dirasakan bangsa Indonesia,” kata Anggota Komisi X dari Fraksi PPP Reni Marlinawati, Senin (21/8).

Insiden terbaliknya bendera Indonesia, kata Reni, justru mencederai hajatan SEA Games yang dimaksudkan untuk meningkatkan persahabatan antarnegara melalui olahraga.

“Semestinya Malaysia dapat memegang prinsip saling menghargai antarnegara satu dengan lainnya. Insiden ini jelas mencederai prinsip tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi PPP ini menyebut peristiwa ini menambah serangkaian tindakan yang pernah Malaysia lakukan kepada Indonesia. Semisal mengklaim seni dan budaya Indonesia hingga perlakuan buruk terhadap TKI.

“Jangan sampai persoalan bendera terbalik ini membangkitkan amarah rakyat Indonesia atas berbagai tindakan yang membuat kita tidak nyaman,” tambahnya.

Insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini pertama kali ditemukan dalam buku panduan SEA Games XXIX yang dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu malam.

Pada halaman ke-80 dalam buku itu, diketahui bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Bendera Indonesia yang terbalik itu ada di bagian daftar negara peserta yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bagian itu tertulis Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games antara lain pada tahun 1979, 1987, 1997 dan 2011.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge