0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen UTP Raih Doktor ke-297 UNS, Predikat Cumlaude

Dosen UTP raih Doktor ke-297 UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dosen Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Wahyu Widarjo berhasil mempertahankan disertasi sekaligus meraih gelar doktor ke-297 Universitas Sebelas Maret (UNS). Disertasi yang dipertahankan berjudul Pengungkapan Modal Intelektual Dalam Prospektus Penawaran Umum Saham Perdana: Determinan dan Dampaknya Pada Underpricing berhasil meraih nilai 4 dengan predikat Cumlaude.

“Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti memberikan bukti empiris tentang determinan pengungkapan modal intelektual dalam prospectus penawaran umum saham perdana dan dampak pengungkapan modal intelektual pada underpricing,” ungkap Wahyu Widarjo di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD, di ruang Sidang Rektorat UNS, Solo, Senin (21/8).

Determinan pengungkapan model intelektual yang dimaksud, kata dosen UTP, adalah tingkat risiko yang ditanggung oleh pemilik lama dan penjamin pelaksana emisi efek melalui tingkat retensi kepemilikian, reputasi dan prosi penjaminan penjamin pelaksana emisi efek.

Menurut Wahyu, penelitian dilakukan dengan mengembangkan dua model yang saling berkaitan. Model pertama menganalisis determinan pengungkapkan model intelektual, sedangkan model kedua menganalisis dampak pengungkapan pada underpricing. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2000 sampai tahun 2014.

Hasil pengujian model pertama mengindikasikan bahwa tingkat risiko yang ditanggung oleh pemilik lama dan penjamin pelaksana emisi efek melalui retensi kemilikan, reputasi dan prosi penjaminan merupakan faktor yang mendorong kedua pihak tersebut untuk memperluas pengungkapan modal intelektual dalam prospectus penawaran umum saham perdana.

“Sedang hasil pengujian model kedua menunjukkan bahwa luas pengungkapkan modal intelektual dapat mengurangi tingkat underpricing,” jelas doktor ke 41 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge