0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bendera Merah Putih Terbalik di Malaysia, Ini Protes Wong Solo

Aksi protes di Bunderan Gladak Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Insiden salah cetak Bendera Indonesia pada buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia, 19-30 Agustus, berbuntut panjang. Tak hanya heboh di media sosial, protes atas gambar bendera Indonesia dalam posisi terabalik tersebut, juga dilakukan di jalanan.

Di Kota Solo, salah seorang anggota masyarakat, Bambang Saptono melakukan aksi proter terkait gambar yang terdapat dalam halaman 80 buku panduan yang dibagikan kepada para pejabat yang hadir pada pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur itu. Bambang menggelar aksinya dengan memasang stiker bendera Malaysia dengan posisi yang terbalik.

“Kita merasa bahwa ini adalah pelecehan karena pemasangan bendera yang terbalik dalam buku panduan SEA Games yang dilaksanakan di Malaysia.” ungkap Bambang, Senin (21/8).

Aksi tersebut dilakukan Bambang di simpang empat Gladag. Aksi yang digelar sekitar pukul 11.00 WIB tersebut, sempat mendapatkan perhatian dari masyarakat. Aksi dilakukan dengan menempelkan bendera Malaysia secara terbalik di sebuah mobil.

Beberapa pengguna jalan yang melintas, meneriakkan pekik merdeka saat melihat aksi tersebut. Beberapa pengguna jalan juga sempat mengabadikan momen tersebut melalui kamera telepon genggam.

“Kita menuntut pernyataan maaf secara resmi oleh pemerintah Malaysia kepada seluruh rakyat Indonesia.” kata dia.

Selain itu Bambang juga menuntut penjelasan pemerintah Malaysia kepada seluruh perwakilan kontingen negara yang berperan serta dalam SEA Games, mengenai kekeliruan ini. Lebih lanjut dia meminta pemerintah Malaysia untuk menarik buku tersebut, dan mengganti dengan buku yang baru.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge