0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Google Ciptakan Mesin Pembelajaran Untuk Lacak Kejahatan Kebencian

Google. (Ubergizmo.)

Timlo.net—Kejahatan kebencian terjadi seluruh bagian dunia. Dan menurut Google, kejahatan ini sulit dilacak karena data resmi tentang kejahatan itu sangat kecil. Hal ini mempersulit tugas jurnalis untuk memberitakan kejahatan seperti ini.

Akan tetapi Google ingin mengatasi kesulitan ini dengan menggunakan sebuah mesin pembelajaran. Perusahaan itu mengumumkan jika Google News Lab akan bekerjasama dengan ProPublica untuk merilis mesin pembelajaran. Mesin itu akan melacak kejahatan kebencian dan menolong para jurnalis mengumpulkan informasi untuk pemberitaan mereka.

“Index baru ini akan menolong data lebih mudah dipahami dan divisualisasi. Indeks itu adalah salah satu visualisasi pertama yang menggunakan mesin pembelajaran untuk menghasilkan konten menggunakan Google Natural Language API, yang menganalisa teks dan mengumpulkan informasi tentang orang, tempat dan kejadian. Dalam kasus ini, menolong para jurnalis menggali informasi tentang lokasi, nama dan data-data lain dari 3 ribu lebih pemberitaan,” tulis Google.

Para jurnalis yang tertarik sudah bisa mencoba mesin itu. Google menyatakan jika mereka akan melihat perkembangan mesin itu dan bagaimana para jurnalis menggunakannya. Setelah mereka akan berusaha mengembangkan mesin itu lebih lanjut.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge