0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nomophobia, Kegelisahan Saat Berpisah dengan Smartphone

TUNJUKKAN SMARTPHONE-Staf karyawan Smartfren menunjukkan produk smartphone di Smile Gallery Hartono Lifestyle Mall (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Timlo.net—Apakah Anda merasa sedikit gelisah saat Anda tidak membawa smartphone? Apakah Anda penasaran jika mungkin ada pesan, email atau panggilan telepon masuk? Atau mungkin ada like dan komentar di akun sosial media Anda? Kegelisahan yang muncul karena berpisah dengan smartphone itu disebut nomophobia.

Gejala ini semakin mewabah di kalangan masyarakat, ujar para peneliti. Fobia ini jugalah yang juga para peneliti coba pahami. Salah satu alasan kenapa fobia ini mewabah adalah karena kita semakin bergantung pada sosial media. Kita menggunakan sosial media untuk memperoleh update terkait teman, keluarga, teman kerja, berita dan lain-lain. Jika kita tidak membawa smartphone berarti kita tidak bisa mengetahui apa yang terjadi. Selain itu kita juga tidak bisa membagikan aktivitas-aktivitas terkini yang kita jalani.

“Karena smartphone menimbulkan ingatan yang lebih pribadi, para pengguna menganggapnya sebagai perpanjangan dari identitas mereka. Saat para pengguna melihatnya seperti itu, mereka menjadi semakin terikat dengan perangkat itu, yang, pada akhirnya menyebabkan nomophobia dengan semakin tingginya kecenderungan untuk selalu ingin berada di dekat smartphone,” terang Dr Ki Joon Kim dari City University of Hong Kong.

Dr. Ki juga kuatir jika masalah ini bertambah buruk di masa mendatang saat layanan menjadi semakin dirancang sesuai dengan keinginan kita. Saat itu kita melihat konten Facebook, Instagram dan Twitter berdasarkan reaksi dan komentar kita.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge