0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Buku Souvenir SEA Games Minta Ditarik, Ini Alasannya

Timlo.net — Ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir menyesalkan adanya kesalahan pencetakan gambar bendera Indonesia di buku souvenir SEA Games 2017. Erick pun meminta panitia pelaksana SEA Games menarik buku tersebut dari peredaran.

Dalam buku tersebut, pihak panpel mencetak gambar bendera Merah Putih secara terbalik. Buku itu sendiri dibagikan kepada para tamu undangan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi yang menghadiri upacara pembukaan ajang tersebut yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8).

“Sudah tentu saya menyampaikan penyesalan yang mendalam atas kesalahan fatal tersebut. Itu menunjukkan keteledoran dan ketidaktelitian,” ujar Erick.

“Meski persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, namun kesalahan dalam menampilkan atau menyajikan identitas negara lain, tetap tidak bisa dibenarkan. Walaupun ini terjadi di dunia olahraga, jangan sampai ada hal yang menggangu hubungan antar negara karena hal-hal seperti ini,” tambahnya.

Kesalahan fatal itu sendiri sudah diprotes oleh pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Walau demikian, dalam interaksi sesama National Olympic Committee (NOC), KOI berencana juga akan mengajukan aksi serupa.

“Kami akan menyampaikan nota protes dan keberatan kepada Presiden NOC Malaysia, Tunku Imran dan Sekjen, Beng Chop Low tentang hal ini, sekaligus meminta buku tersebut ditarik dari peredaran serta diganti dengan pemuatan bendera Merah Putih yang benar,” katanya.

Kesalahan fatal itu sendiri tercetak di halaman ke-80. Gambar bendera Merah Putih tercetak terbalik menjadi Putih Merah. Letak bendera tersebut kebetulan bersebelahan dengan bendera Malaysia.

(fit/dzi)

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge