0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karnaval Tujuhbelasan Jaten Usung Budaya dan Cinta Lingkungan

Karnaval tujuhbelasan Kecamatan Jaten. (Foto:Raymond)

Karanganyar – Sebanyak 1.146 peserta karnaval tujuhbelasan dari delapan desa di Kecamatan Jaten mengusung tema seni budaya dan peduli lingkungan di atribut yang disandangnya. Mereka menempuh rute jalan kaki sepanjang 3 kilometer mulai Terminal Palur sampai lapangan Gunung Wijil.

“Semua kontingen dari delapan desa menyuguhkan kreasinya secara mandiri. Tidak ada stimulan. Hasilnya cukup memuaskan. Semua tampak semangat dengan memakai kostum yang menarik,” kata Camat Jaten, Aji Pratama Heru K kepada Timlo.net, Sabtu (18/8).

Di tiap desa, karnaval yang dimulai pukul 13.30 WIB itu diikuti instansi pemerintah, sekolah dan komunitas. Dari Desa Jetis, kontingennya mengikutsertakan seniman karawitan Paguyuban Mustiko Laras.

Di atas mobil bak, para seniman ini membunyikan orkestra tradisional dan menembang jawa. Dari pelajar SMPN 2 Jaten, irama musik klotekan instrumen barang bekas menambah semarak suasana jalanan kampung yang dilewatinya.

Pantauan Timlo.net, tema global warming menarik perhatian penonton di panggung kehormatan. Tim pemantau dari Pemkab Karanganyar bersama Muspika Jaten menyaksikan sebuah replika bola dunia diangkat bersama-sama pemuda Desa Dagen yang melumuri tubuhnya dengan cat warna hijau.

Tubuh mereka tertoreh tulisan aneka slogan mencintai alam. Masih dari kontingen Desa Dagen, tiga peraga busana menampilkan kreasi fashion karnaval berbahan kertas koran.

“Menarik-menarik juga idenya. Kontingen yang paling meriah dan unik akan dipilih mewakili Jaten di karnaval pembangunan tingkat kabupaten Minggu (20/8) besok,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge