0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengunjung Klewer Kaget Ada Fashion Show di Dalam Pasar

(foto: Heru Murdhani)

Solo – Tangan Dea Putri meliuk-liuk di depan pintu masuk Pasar Klewer, pagi itu. Diiringi musik tradisional Sunda wanita itu melangkah berjingkat-jingkat, dalam balutan kebaya dan kain batik.

Di belakangnnya ada delapan orang peraga lainnya, dengan busana batik dan kain tradisional turut dalam venue kecil. Busana yang mereka kenakan tidak dijahit, melainkan menggunakan teknik ikat.

Pertunjukan kedua dalam rangkaian Festival Pasar Tradisional 2017 tersebut cukup mengagetkan pengunjung pasar Klewer. Namun bagi pedagang yang memang sudah tahu dengan acara tersebut, justru mereka mengabadikan momen itu dengan kamera telepon seluler.

“Ya seneng to Mas, wong dibantu pemasaran, kalau ada acara-acara seperti ini kan masuk koran. Agak suk-sukan sedikit tidak apa-apa, harapannya pasarnya rame dan pembelinya banyak,” papar Narti, salah satu pegawai toko yang ada di Pasar Klewer.

Ada tiga komposisi gerak yang ditampilkan dalam pertunjukan awal. Usai pertunjukan panitia penyelenggara menggiring pementas untuk masuk ke dalam pasar. Mereka menggelar fashion show di dalam pasar.

Kirena Alifa Rahmawati (16) pelajar SMK 9 Solo, yang menjadi salah satu peserta mengatakan bahwa melenggak-lenggok diatas catwalk jauh lebih mudah dari pada di pasar. Sebab, kondisi pasar yang ramai, membuatnya harus berbaur, bahkan terkadang menghentikan langkahnya saat memeragakan busana.

“Lebih susah di sini. Kan rame, banyak orang, tapi itu jadi tantangan tersendiri buat saya,” kata pelajar kelas 2 SMK tersebut.

Prakarsa acara, Heru Prasetyo mengatakan, gelaran ini telah menginjak tahun kedua. Pada tahun ini pihaknya bekerja sama dengan 4 pasar tradisional, yakni Pasar Klewer, Pasar Windu Djenar, Pasar Burung Depok, dan Pasar Kembang.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge