0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengembangan Model SIL Hantar Parmin Raih Gelar Doktor UNS

Parmin saat Ujian (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Pengembangan model Science Integrated Learning (SIL) menghantar Parmin, dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS). Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Model Science Integrated Learning (SIL) Untuk Meningkatkan Kemandirian Kerja Ilmiah Pada Materi Etnosains Program Studi Pendidikan IPA.

“Permasalahan dalam menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru IPA yang mampu mengajarkan materi secara integrasi sekaligus memiliki kemandirian kerja ilmiah, perlu dilakukan dengan pengembangan model pembelajaran yang sesuai kebutuhan,” ungkap Parmin di depan Dewan Penguji Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd, Jumat (18/8).

Suatu model pembelajaran, menurut Parmin, menerapkan variasi metode belajar sehingga model yang dikembangkan dengan berorientasi pada pembelajaran terintegrasi dan kemandirian belajar, lebih rasional untuk dikembangkan.

Untuk itu, lanjut Parmin, berdasarkan hasil penelitian, model SIL memiliki enam sintaks pembelajaran yang meliputi eksplorasi, integrasi konsep, eksperimen, analisis, pengambilan tindakan dan refleksi.

“Model SIL sangat layak sebagai model pembelajaran memiliki enam komponen meliputi sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, system pendukung, dampak insttruksional dan dampak pengiring,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge