0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Fakta-Fakta Menarik Tentang Film Horor “It”

Pennywise the Clown. (dok: timlo.net/ imdb.com)

Timlo.net—Di kalangan para pembaca novel dan penggemar film horor, nama Stephen King sangat populer. Stephen King dikenal sebagai penulis novel misteri yang handal. Dia bahkan dijuluki sebagai “The King of horror” atau Raja Horor. Ada banyak novelnya yang laris terjual dan yang diangkat ke dalam film.

Salah satunya adalah film “It” yang diangkat dari novelnya dengan judul yang sama yang terbit pada 1986. Novel ini pernah diangkat ke dalam mini seri pada 1990 dengan judul yang serupa. Novel ini dikenal dengan sosok roh jahat berwujud badut yang menculik anak-anak. Film “It” akan tayang pada 8 September 2017 di Amerika Serikat (AS). Apa saja fakta-fakta menarik dari film ini?

1. Terinspirasi dari kisah nyata

Novel “It” ternyata terinspirasi dari kisah nyata dari pembunuh berantai John Wayne Gacy. John akan berpakaian sebagai badut dan muncul dalam pesta ulang tahun anak-anak. Dia disebut sebagai badut pembunuh. Selain tampil dalam pesta anak-anak, dia juga tampil dalam parade dan bahkan mengunjungi anak-anak sakit di rumah sakit. Stephen King pernah mengatakan jika Pennywise, badut setan dalam novel itu terinspirasi dari Bozo. Bozo adalah sosok badut terkenal di TV pada 1960. Selain Bozo, Clarabell dan Ronald McDonald juga menjadi inspirasi sosok Pennywise.

2. Timbulkan rasa takut pada badut

Rupanya novel dan mini seri “It” menimbulkan ketakutan masyarakat kepada sosok badut. Menurut sebuah penelitian psikologi, orang-orang yang melihat mini seri itu akan cenderung merasa takut dengan badut. Mereka akan merasakan takut dan kegelisahan saat berhadapan dengan seorang badut. Rasa takut ini menyebar kepada seluruh generasi saat itu.

3. “It” jadi inspirasi para badut lain

“It” atau Pennywise dituduh sebagai sumber inspirasi dari sosok badut menyeramkan yang menteror masyarakat di dunia nyata. Misalnya badut menyeramkan yang menteror jalanan Northampton, Inggris pada 2013.

Pada 2014, warga Bakersfield dan Wasco, California, Amerika Serikat melaporkan adanya sosok badut yang menguntit mereka di malam hari. Kadang-kadang badut itu membawa golok. Tapi ternyata badut itu merupakan bagian dari sebuah proyek seni.

4. Sutradara film “It” bukan penggemar mini seri

Mini seri “It” menjadi alat ukur untuk film horor di kala itu. Banyak anak-anak dan orang tua yang takut dengan sosok Pennywise, badut setan yang diperankan oleh Tim Curry. Tapi rupanya sutradara film “It”, Andy Muschietti bukanlah penggemar mini seri itu.

“Jujur saja, saya bukanlah penggemar berat mini serinya,” katanya kepada SFX Magazine. “Saya bukan lagi anak-anak saat mini seri itu tayang pada 1990. Jadi keterikatan saya lebih banyak ke novel dan dunia Stephen King dibandingkan dengan mini serinya,” tambah Andy.

“Saya sungguh-sungguh mengakui betapa ikonik mini seri itu untuk sebuah generasi. Tapi Anda harus mengakui jika dampaknya pada generasi itu karena mereka melihatnya dari mata yang sangat muda sebagai film TV atau pada VHS. Banyak orang tidak ingat seluruh ceritanya, tapi mereka ketakutan dengan adegan-adegan ikonik badut itu,” ujarnya.

5. Angka 27 Jadi Angka Penting

Angka 27 adalah angka yang sering dihubungkan dengan cerita dalam novel. Film ini sendiri akan tayang 27 tahun setelah mini seri “It” tayang di televisi. Dalam novel dikatakan, “It” atau Pennywise the clown kembali ke Derry kurang lebih setiap 27 tahun. Pemeran Bill muda dalam mini serinya, Jonathan Brandis meninggal dunia di usia 27 tahun. Film ini akan dirilis sebulan setelah Bill Skarsgard (pemeran Pennywise) berulang tahun ke-27.

6. Film ini akan lebih menakutkan

Film ini dikatakan akan menampilikan aspek-aspek menyeramkan yang ada di novel. Hal ini membuat film ini berbeda dengan mini serinya, yang tidak bisa membahas aspek-aspek itu. Contohnya adalah aksi-aksi kekerasan ekstrim yang dilakukan Pennywise dan para bully. Selain itu juga nuansa seksual yang gelap yang ada di sepanjang novel. Misalnya pertemuan Eddie Kaspbrak dengan the Leper dan hubungan antara Henry Bowers dan Patrick Hockstetter.

(Berbagai sumber)

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge