0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Anggur Merah dan Teh Bisa Lindungi Tubuh Dari Flu

Teh Hijau. (Dok: Timlo.net/frontroll.com.)

Timlo.net—Minum teh dan anggur merah bisa mencegah influenza. Para peneliti berkata jika sebuah senyawa ditemukan dalam dua minuman ini. Senyawa itu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para peneliti dari Washington University di Amerika Serikat (AS) menemukan jika sebuah mikroba tertentu di perut bisa mencegah infeksi flu para pada tikus. Mikroba itu mengolah sebuah senyawa yang disebut flavonoids. Strategi itu efektif dalam mengurangi kerusakan dari flu saat interaksi terjadi sebelum infeksi dengan virus influenza.

“Selama bertahun-tahun, flavonoid dianggap memiliki kandungan pelindung yang menolong mengatur sistem imunitas untuk melawan infeksi,” kata Ashley Steed, dari St. Louis Children’s Hospital di AS. Flavonoid umumnya ditemukan pada teh hitam, anggur merah dan blueberry.

“Kami mampu mengidentifikasi paling tidak satu jenis bakteri yang menggunakan senyawa makanan ini untuk meningkatkan interferon, molekul yang mengirim sinyal yang menolong respon imunitas,” kata Thaddeus Stappenbeck, dari University of Washinton dilansir dari Times of India.

“Hal ini mencegah kerusakan paru-paru yang terkait dengan influenza pada tikus. Kerusakan seperti ini seringkali menyebabkan komplikasi yang signifikan seperti pneumonia pada orang,” tambah Thaddeus. Penelitian itu diterbtikan dalam jurnal “Science”.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge