0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

16 Narapidana Pindahan dari Rutan Solo Pakai Narkoba

Kalapas klas 2A Sragen Rudy (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sebanyak 16 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen positif memakai narkoba. Mereka merupakan narapidana pindahan dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surakarta beberapa waktu lalu.

“Dari 17 narapidana yang kita terima dari Solo, setelah dites urin sebanyak 16 napi positif narkoba. Mereka memang napi kasus narkoba. Sedangkan satu orang negatif,” kata Kalapas Kelas IIA Sragen, Rudy Djoko Sumitro, Kamis (17/8).

Ketika ditemui wartawan usai acara Pemberian Remisi 17 Agustus, Rudy mengungkapkan, 17 napi tersebut langsung dilakukan tes urin begitu tiba di Lapas Sragen pada Jumat (11/8) lalu. Kebetulan waktu itu sedang ada inspeksi mendadak (Sidak) dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah dan Polres di Lapas Sragen.

“Jadi pemakaian narkobanya bukan di sini (Lapas Sragen – Red). Kalau di sini sudah zero, makanya dapat apresiasi dari BNPP dan Polda. Padahal tahun-tahun lalu ada lebih dari 100 napi yang positif,” jelas Rudy.

Rudy menambahkan, pihaknya menerima 17 narapidana dari Rutan Solo lantaran di sana sudah over load. Sedangkan daya tampung Lapas Sragen masih mencukupi.

Saat ini jumlah napi di Lapas Sragen mencapai 303 orang. Sedangkan daya tampung maksimal sekitar 400 orang. Dalam waktu dekat ini pihaknya juga bakal menerima narapidana sebanyak 95 orang, pindahan dari Jakarta dan Jawa Barat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge