0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Napi dapat Remisi, Enam Langsung Bebas

Penyerahan remisi narapidana Rutan Solo (foto: ist)

Solo – Sebanyak 206 narapidan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Solo mendapat remisi di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun. Kebanyakan mereka yang mendapat remisi merupakan narapidana kasus kriminal murni.

“Ada 306 narapidana yang kita ajukan mendapat remisi. Sedangkan yang lolos pengecekan persyarakat ada 222 narapidana. Yang sudah disetujui mendapat remisi ada 202 napi sedangkan sisanya yang 16 napi menunggu keputusan dari Kemenkumham,” terang Kasi Pelayanan dan Tahanan, Solichin saat dihubungi Timlo.net, Kamis (17/8).

Dari ratusan narapidana yang mendapat remisi tersebut, kata Solichin, enam diantaranya langsung menghirup udara bebas. Keenam narapidana tersebut, terjerat kasus kriminal murni.

Dalam remisi yang diberikan dalam hari Kemerdekaan RI ke72 tahun, lanjutnya, remisi tertinggi selama lima bulan sedangkan terendah satu bulan.

“Mereka yang mendapatkan remisi harus berperilaku baik minimal enam bulan tanpa catatan negatif. Sedang, syarat lainnya adalah telah jatuh vonis dari pengadilan,” terangnya.

Saat ini, Rutan Solo dihuni oleh 744 tahanan dan narapidana. Padahal, kapasitas maksimal Rutan yang terletak ditengah Kota Solo itu hanya berjumlah 298 orang.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge