0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pidato Kenegaraan, Jokowi Sindir Urusan Sertifikasi Tanah Belum Selesai

Presiden Jokowi-Wapres JK (merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kritiknya saat menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung DPR. Memasuki usia kemerdekaan ke-72, Indonesia masih berkutat pada urusan sertifikasi lahan sementara negara dunia sudah mengurusi luar angkasa.

“Tujuh puluh dua tahun kita merdeka, ketika negara-negara lain sudah menatap angkasa luar, di negara kita tercinta, urusan sertifikasi lahan untuk rakyat belum tuntas-tuntas juga,” ujarnya saat pidato kenegaraan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8).

Akibatnya, lanjut Presiden Jokowi, terjadi sengketa lahan baik antarwarga, antara warga dengan korporasi atau bahkan antara warga dengan pemerintah. Maka dari itu, melalui Kebijakan Pemerataan Ekonomi yang Berkeadilan, pemerintah melakukan percepatan sertifikasi lahan yang sekarang sudah mencapai 250.000 bidang.

Pemerintah juga sedang menjalankan redistribusi tanah untuk masyarakat dan sudah memberikan 707.000 hektar kawasan hutan kepada masyarakat adat untuk dikelola secara produktif.

“Selain itu, juga sedang dijalankan Program Perhutanan Sosial sehingga rakyat di lapisan 40 persen terbawah mendapatkan akses untuk memanfaatkan hutan bagi kesejahteraan mereka.”

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge