0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

3 Cara Praktis dan Sehat Untuk Tangani Emosi Negatif

Ilustrasi luka hati. (Dok: Timlo.net/ Verywell.com)

Timlo.net—Merasakan emosi-emosi yang menyakitkan tentunya membuat kita merasa sakit. Oleh sebab itulah, banyak orang memilih tidak merasakannya. Kita cenderung mengabaikan emosi-emosi ini. Kita mencoba mematikan perasaan menyakitkan dengan minuman keras, obat terlarang, rokok dan lain-lain. Ada juga yang mengurung diri untuk menghindari emosi yang menyakitkan. Sementara yang lain mulai melukai diri sendiri dengan menyayat bagian tubuh, membakar bagian tubuh dan lain-lain.

Intinya, kita mencoba melakukan segala macam cara supaya tidak merasakan emosi-emosi ini. “Sebagai manusia, kita akan melakukan apapun yang kita bisa untuk mengurangi penderitaan dan menghindari rasa sakit—baik emosional atau fisik. Jadi sulit bagi kita menerima rasa sakit [dari perasaan kita] dan mencoba tidak melawannya,” kata Sheri Van Dijk, MSW, seorang psikoterapis dari Sharon, Ontario, Kanada.

Beberapa orang dididik dari kecil jika cara menangani emosi negatif adalah dengan mengamuk atau mengambek. Ada juga yang melukai diri sendiri atau menggunakan obat terlarang untuk mematikan rasa sakit di dalam hati.

Tapi Sheri mengatakan jika usaha kita mengurangi rasa sakit seperti ini justru akan memperparahnya. Sebagai contohnya menggunakan obat terlarang atau mabuk mungkin membuat kita lupa rasa sakitnya. Akan tetapi, dalam jangka panjang, kebiasaan ini hanya memperkuat depresi. Orang akan mengalami rasa bersalah atau malu karena kebiasaan ini. Selain itu, kebiasaan iu bisa merusak hubungan kita.
Baca Berikutnya —>

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge