0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DAU Menurun, Ini Langkah Antisipasi Pemkot Solo

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto (dok.timlo.net/red)

Solo — Dengan turunnya jumlah Dana Alokasi Umum (DAU) pada APBD Perubahan 2017 sebesar tiga persen, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah melakukan langkah antisipasi. Salah satu antisipasi yang dilakukan Pemkot adalah dengan mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penggalian potensi PAD.

“Peningkatan kinerja BUMD, optimalisasi pajak dengna sistem elektronik serta optimalisasi kinerja keuangan BLUD yang makin mandiri,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto dalam Nota Jawaban Walikota atas pemandangan umum fraksi DPRD Surakarta tetang APBD Perubahan 2017, Rabu (16/8).

Pihaknya, juga akan melakukan peninjauan kembali terhadap program atau kegiatan belanja yang tidak dapat diselesaikan sampai dengan berakhirnya Tahun Angggaran 2017.

Sebelumnya, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo, Quatly Abdulkadir Alkatiri menyampaikan, pihaknya meminta penjelasan kepada Pemkot mengenai penyebab turunnya anggaran DAU hingga mencapai Rp 25 miliar.

“Meskipun DAU adalah anggaran alokasi dari pemerintah pusat namun pastinya akan ada penjelasan mengenai turunnya dana hibah yang diberikan. Apalagi turunnya sekitar tiga persen dimana nominalnya mencapai Rp 25 miliar. Penurunan anggaran ini pastinya akan berdampak pada alokasi anggaran DPRD dan pastinya ada alokasi beberapa anggaran yang dikurangi. Maka dari itu Pemkot harus benar-benar bisa mengantisipasinya dengan mengalokasikan anggaran secara tepat,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge