0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Trade Expo Indonesia 2017 Strategi Dongkrak Ekspor Dalam Negeri

Perwakilan dari Kemendag dan Himki Soloraya saat menyampaikan materi TEI 2017 (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Ajang pameran produk Indonesia atau Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 akan kembali digelar pemerintah pada 11-15 Oktober di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten. Even pameran yang akan diikuti oleh ribuan para pelaku usaha tersebut diharapkan dapat mendongkrak nilai ekspor produk dalam negeri.

“Target kita dalam even TEI 2017 ini setidaknya bisa lebih besar dari capaian even sebelumnya. Atau setidaknya bisa mencapai 16 ribu pengujung dengan nilai transaksi 1,1 Miliar US Dollar,” ujar Kepala Seksi Eropa, Direktorat Pengembangan Promosi dan Citra, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementrian Perdagangan, Bagas Haryotejo kepada wartawan, Selasa (15/8) malam.

Bagas menjelaskan, kendati kondisi nilai ekspor produk dalam negeri secara year to year cenderung mengalami penurunan. Tapi jika melihat data secara month to month justru terjadi kenaikan cukup positif atau sekitar satu persen. Sehingga jika mengacu data tersebut, pihaknya optimis melalui pameran nanti dapat mendongkrak nilai ekspor produk dalam negeri, khususnya yang berasal dari mebel dan kerajinan.

“Oleh karena itu kita berharap para pelaku usaha mebel yang memiliki potensi ekspor dari dalam negeri supaya bisa ikut berpartisipasi. Mengingat permintaan global sekarang ini cenderung membaik, khususnya yang berada di luar pasar tradisional seperti di Asia Tengah, Asia Selatan maupun Timur Tengah,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, melalui 32 perwakilannya di luar negeri saat ini juga sudah diminta untuk dapat mengundang para buyer di Negara yang bersangkutan. Tujuaanya agar promosi TEI 2017 yang dilakukan pada pertengahan Oktober nanti, dapat semakin maksimal.

Project Director PT Debindomulti Adhiswasti, Budiarto Linggowijono dalam kesempatan yang sama menambahkan, untuk memaksimalkan promosi TEI 2017 pihak pelaksana sudah menyiapkan terobosan program. Dimana, setiap buyer yang melakukan pendaftaran sudah dapat melihat produk apa saja yang dipamerkan. Dan para peserta pameran sendiri juga akan mendapatkan arahan terkait potensi dan karakter barang yang diingin para buyer.

“Dengan demikian harapannya akan terjadi singkronisasi antara permintaan dan kesediaan barang dalam pameran,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pengusaha mebel dan sekaligus pengurus DPD HIMKI Soloraya, Yanti Rukmana menyampaikan, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah melalui gelaran TEI 2017. Pasalnya selama ini para pelaku usaha sangat membutuhkan support dan ruang promosi untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai informasi, pada gelaran TEI 2017 akan diikuti oleh ribuan pelaku usaha yang siap memerkan beragam produk unggulan dalam negeri. Para peserta yang terlibat akan dibagi dalam beberapa zona, diantaranya adalah Furniture and Furnishing, Fashion, Craft and Creative Products, Premium Products, Strategic Industries, Manufacturing Products and Services, Food and Beverages, dan Province Premium Products.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge