0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Google Bayar Miliaran Dollar ke Apple Supaya Tetap Jadi Mesin Pencari Default

Google. (Ubergizmo.)

Timlo.net—Perusahaan peneliti investasi Bernstein menulis dalam catatan kepada para investor jika Google membayar Apple miliaran dollar setiap tahunnya supaya tetap dipakai sebagai mesin pencari default pada perangkat iOS. Mereka memperkirakan Google membayar Apple $3 miliar tahun ini. Perusahaan itu menambahkan jika pembayaran Google menyumbang sebagian besar penghasilan Apple.

Dalam laporan penghasilan mereka baru-baru ini, Apple menonjolkan kinerja yang baik dari bisnis layanan mereka. Mereka kerap kali menekankan jika bisnis layanan mereka akan segera sama besarnya dengan perusahaan Fortune 500.

“Dokumen-dokumen di pengadilan mengindikasikan jika Google membayar Apple $1 miliar pada 2014 dan kami memperkirakan pembayaran total Google ke Apple pada FY 17 mendekati $3 miliar,” tulis analis Bernstein A.M Sacconaghi Jr dilansir oleh Ubergizmo.

Pembayaran Google ini dikatakan menyumbang 5 persen dari laba total Apple tahun ini. Google bisa memutuskan pembayaran ini jika mereka merasa mesin pencari mereka sudah cukup populer di kalangan pengguna iOS. Akan tetapi, karena ada ratusan juta perangkat iOS di luar sana, hal ini merupakan langkah beresiko. Para pengguna iOS dikatakan menyumbang 50 persen dari seluruh penghasilan seluler Google.

Jika Google mengambil langkah itu dengan Apple, maka strategi mereka bisa menjadi bumerang untuk mereka. Inilah yang mungkin menjadi alasan utama kenapa Google tetap membayar Apple. Mereka mungkin melihat uang yang mereka bayarkan itu sebagai pengeluaran yang sepadan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge