0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

TPA Berbasis Sanitarylandfill Siap Dibangun

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri menggagas pembangunan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di Desa Mlopoharjo Kecamatan Wuryantoro di 2018. Lahan ribuan hektar telah disiapkan. Proyek mercusuar itu, kabarnya bakal menelan dana miliaran rupiah.

“TPA ini akan mengembangkan konsep berteknologi canggih (sanitarylandfil). Pendanaannya dari pemerintah pusat,” ungkap Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin (14/8).

Menurut Bupati, proyek tersebut baru dalam proses kajian. TPA ini nantinya akan dimanfaatkan untuk menampung sampah dari sejumlah pasar besar. Seperti dari Kecamatan Wuryantoro, Eromoko, Manyaran dan sebagian Pracimantoro. Langkah tersebut merupakan upaya terstruktur.

“Yang jelas dari Kementrian LH sudah ada lampu hijau dengan proposal kami ini,” kata dia.

Selain pembangunan TPA Mlopoharjo Wuryantoro, pihaknya juga akan melakukan perbaikan sejumlah TPA dibeberapa kecamatan. Seperti TPA di Kecamatan Ngadirojo, Baturetno dan lainnya- lainnya.

“Tapi mohon maaf, untuk berapa besar anggaran yang dibutuhkan kami belum bisa memaparkan,” ujarnya.

Adanya dampak mobilisasi sampah terlalu jauh, dinilai menjadi salah satu pemicu persoalan. Seperti saat ini yang terjadi, penumpukan sampah setiap tahunnya menyebabkan umur TPA semakin berkurang. Takhanya itu saja, teknologi pengolahan sampah yang selama ini masih manual menyebabkan timbulnya bau taksedap, yang ujung- ujungnya mengganggu masyarakat.

” Maka prinsip dasar pembangunan TPA ini adalah berbasis teknologi. Sehingga sampah- sampah itu nanti akan diolah menjadi kompos dan juga biogas, yang jelas untuk menghilangkan kendala bau, ” tandas dia.

Dari informasi yang dihimpun Timlo. net, lahan pembangunan TPA di Wuryantoro sudah dipersiapkan. Pemkab memiliki lahan yang sudah dibebaskan seluas 7.700 meter persegi. Direncanakan TPA Wuryantoro didanai dari pusat. Hanya saja, pusat mewajibkan lahan yang bisa didanai anggaran minimal 14.000 meter persegi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge