0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puan : Mahasiswa Harus Paham Berbagai Tantangan dan Peluang yang Ada

()

Solo — Mahasiswa generasi muda calon pemimpin bangsa agar memahami berbagai tantangan dan peluang yang ada. Persaingan dalam era globalisasi akan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya dalam mengelola potensi bangsa dan negaranya untuk dapat bersaing.

”Dalam Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terdapat 3 agenda strategis yang dilaksanakan untuk dapat mengembangkan potensi rakyat Indonesia. Menjamin pemenuhan kebutuhan dasar, Meningkatkan kapabiltas manusia Indonesia, serta membangun karekter bangsa,” ungkap Menteri Koordinatot Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat menyampaikan kuliah umum di depan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS), halaman Rektorat UNS, Solo, Senin (14/8).

Pada kesempatan itu, Puan juga menegaskan, pentingnya arti gotong-royong dalam pembangunan karakter bangsa. Gerakan nasional revolusi mental adalah merupakan salah satu agenda pembangunan yang strategis, sebagai upaya dalam membangun nation and character building.

Menurut dia, Pembangunan karakter bangsa selain ditempuh melalui pendidikan formal, keteladanan, kehadiran negara yang berwibawa, juga melalui praktek-praktek yang dapat memperkuat jiwa bangsa yang bermartabat, berkemajuan, dan bergotong royong.

“Praktek Perubahan untuk kemajuan di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari kerja nyata civitas akademika dalam membangun budaya anti plagiat, anti narkoba, budaya keilmuwan yang menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, membangun budaya kampus yang bersih, membangun kesantunan, memperteguh jiwa bhineka tunggal ika dan pancasila, dan menyelenggarakan Kuliah kerja Nyata bertemakan revolusi mental,” tandas Puan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge