0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dijadikan Contoh, Puan Harapkan Kesuksesan Desa Ponggok Menular

Menko PMK Puan Maharani, Kepala Desa Ponggok Junaedi Mulyono, dan Plt Bupati Klaten Sri Mulyani (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani berharap kesuksesan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri Desa Ponggok mengelola Dana Desa bisa menular. Sehingga peningkatan anggaran Dana Desa dari tahun ke tahun semakin efektif mensejahterakan rakyat.

“Tadi ada satu desa di Klaten menyatakan jumlah anggaran Dana Desanya sama, tapi kenapa hasilnya tidak bisa seperti Ponggok. Tentu ini ada kaitannya dengan demografis dan geografis. Sehingga per wilayah itu perlu dilihat apa saja keunggulan-keunggulannya,” ujar Menko PMK Puan Maharani, Senin (14/8).

Ia menegaskan, pemerintah pusat mempunyai komitmen yang kuat dalam pembangunan desa. Hal ini dibuktikan dengan pencairan Dana Desa yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Pada 2015, pemerintah pusat menggelontorka Dana Desa sebesar Rp 20,7 triliun. Tahun berikutnya meningkat menjadi Rp 46,9 triliun. Dan tahun 2017 ini kembali meningkat menjadi Rp 60 triliun. Puan menilai, kesuksesan pengelolaan Dana Desa di Indonesia bisa mencontoh dari Desa Ponggok.

“Mudah-mudahan apa yang ada di Desa Ponggok Insya Allah bisa ditularkan ke desa-desa lain di seluruh pelosok Indonesia,” kata Puan saat mengunjungi Desa Ponggok.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge