0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sambangi Ponggok, Ini Kata Puan soal Pengawasan Dana Desa

Menko PMK Puan Maharani saat kunjungan kerja di Desa Ponggok (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani meminta seluruh masyarakat untuk ikut mengawal penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa. Hal itu Puan sampaikan kala mengunjungi Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

“Perencanaan menjadi satu hal yang penting. Dimana melibatkan semua masyarakat, dari perencanaan sampai penggunaan Dana Desa. Masyarakat harus ikut mengawal,” ujar Menko PMK Puan Maharani, Senin (14/8).

Dikatakan, pengawasan Dana Desa harus dilakukan secara gotong royong. Bukan hanya dipikul oleh Kementarian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT, namun juga kementerian lainnya seperti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pola pengawasan itu, lanjut Puan, begitu anggaran Dana Desa di Kemenkeu turun, BPK memiliki tugas mengaudit penggunaannya. Sedangkan Kemendagri melalui aparaturnya, yakni masing- masing kepala daerah dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, sampai pelosok desa, juga memiliki tanggung jawab serupa.

“Jadi ini memang koordonasi gotong royong melibatkan berbagai institusi dan lembaga. Insya Allah ke depannya semakin baik dan tepat sasaran. Karena terus terang saja, penyerapan (Dana Desa) hampir 90 persen lebih, tapi pemanfaatannya harus kita lakukan evaluasi menyeluruh. Sehingga ini bisa bermanfaat,” tandas Puan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge