0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Over Load, 17 Narapidana Rutan Solo Dipindah ke Sragen

Kalapas Kelas IIA Sragen, Rudy Djoko Sumitro (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen menerima 17 narapidana pindahan dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surakarta. Mereka dipindahkan lantaran daya tampung Lapas Sragen masih mencukupi untuk menerima limpahan dari Lapas atau Rutan sekitar.

“Kita mendapat pindahan dari Solo sebanyak 17 narapidana. Di sana sudah penuh, over load,” kata Rudy Djoko Sumitro.

Ketika ditemui Timlo.net usai memantau pemeriksaan narkoba dari BNPP dan Polda Jawa Tengah belum lama ini, Rudy menyampaikan, daya tampung Lapas Sragen masih mencukupi untuk menerima limpahan narapidana dari kabupaten/kota lain. Saat ini jumlah narapidana di Lapas Sragen mencapai 286 orang. Sedangkan daya tampung maksimal sekitar 400 orang

“Sekarang jumlah kita 286, dapat tambahan dari Solo 17 napi. Berarti sudah 303 orang. Nanti kalau lebih dari 400 baru over load,” terang Rudy.

Menurut Rudy, sebelumnya pihaknya juga menerima pindahan tujuh narapidana dari Boyolali. Ketujuh napi itu setelah diperiksa tim gabungan dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng, ternyata ada empat napi yang positif memakai narkoba. Pihaknya belum lama ini juga menerima pindahan narapidana dari Wonogiri dan Semarang

Sebaliknya, kata Rudy, Lapas Kelas IIA Sragen juga memindahkan narapidana narkoba ke Lapas Nusakambangan. Pemindahan itu lantaran napi yang bersangkutan sudah sulit untuk dibina. Seperti memakai atau melakukan transaksi narkoba di dalam Lapas.

“Itu bagi mereka yang sudah tak bisa dibina. Di dalam masih pakai narkoba, ya kita pindahkan. Ada juga yang tak mau mengaku jaringannya, dapat barang dari mana. Harapannya nanti di sana (Nusakambangan, Red) mau ngaku,” paparnya.

Rudy menambahkan, selama tahun 2017 ini pihaknya telah memindahkan sebanyak 21 narapidana khusus narkoba ke Lapas Nusakambangan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge